LAKON DJAKRIPAH

Tradisi Lisan adalah tuturan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat, seperti sejarah lisan, dongeng, rapalan, pantun, cerita rakyat, atau ekspresi lisan lainnya.

– Lakon jaripah

seorang gadis bernama jaripah yang bingung mencari peliharaannya yang hilang yaitu sunar udara. di perjalanan jaripah bertemu dan bertanya kepada paman iris seorang pekerja pengambil aren. jaripah berjanji siapa yang menemukan sunar udara jika dia perempuan akan dijadikannya saudara, jika dia laki-laki akan dijadikannya suami. ternyata sunar udara di tangkap paman iris karena mencuri aren paman iris. setelah tau paman iris yang menangkapnya jaripah memberi syarat ke paman iris jika dia dapat mengalahkan sunar udara jaripah akan bersedia menikah dengannya. ternyata paman iris dapat mengalahkan sunar udara. jaripah kembali memberi syarat paman iris harus menyembuhkan sunar udara. setelah sunar udara sembuh dan kembali ke jaripah kekuatan mereka semakin kuat. untuk syarat terakhir paman iris harus mengalahkan jaripah. akhir cerita paman iris kalah dalam peperangan itu dan tidak jadi menikah dengan jaripah.

Panji Sumera

sosok pahlawan yang datang dari pesisiran pulau seloko untuk membasmi buto dan jim prayangan di alas triboyo membantu 3 bersaudara (tambur layar kemodi).

– Perkawinan mahluk halus

Panji Sumera membasmi Jin yang berjumlah 44 dan disisakan satu yang akhirnya menikah dengan salah satu 3 bersaudara diakhiri dengan pertunjukan gandrung dan tuting (kesenian madura).

Suwarti

Mengisahkan anak bernama suwarti yang lahir dan diasuh oleh pelayan, karena lalai suwarti dibawa oleh macan/ harimau kemudian bapak suwarti memintanya kembali. Setelah suwarti besar dikawinkan dengan Suwarno dan diakhiri dengan pertunjukan gandrung gebang dan tajen ayam.

– Rundoyo Singo Barong

Mengisahkan sang begawan yang merubah macan menjadi manusia yang diberi nama Rundoyo Singo Barong yang diutus untuk memetik kembang mawar/melati. Akhirnya Rundoyo masuk ke perkampungan membawa salah satu istri pak Mantri. Namun usahanya diketahui pak Mantri sehingga is diikat dimasukkan kebawah meja dan seketika is bisa lepas dari ikatan tersebut. Akhirnya istri pak Mantri dinawa oleh Rundoyo Singo barong. Garuda sawung alit memberitahu siti ambari (istri pak mantri) bahwasanya Rundoyo adalah harimau namun is yidak mempercayainya. Akhirnya pertunjukan ditutup oleh macan-macanan yang trance /kesurupan.

alat-alat dalam pertunjukan : alat musik bonang, pakaian pemeran, dan tendo (background panggung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *