BARONG IDER BUMI DESA KEMIREN

Ritus adalah tata cara pelaksanaan upacara atau kegiatan yang didasarkanan pada nilai tertentu dan dilakukan oleh kelompok masyarakat secara terusmenerus dan diwariskan pada generasi berikutnya, antara lain, berbagai perayaan, peringatan kelahiran, upacara perkawinan, upacara kematian, dan ritual kepercayaan beserta perlengkapannya.

Barong digambarkan sebagai mahluk mitologi yang dipercayai oleh masyarakat Kemiren sebagai aura positif yang menjaga desa, Ider yang berarti berkeliling atau mengitari serta arti kata Bumi yang berarti tanah yang dipijak atau tempat. Arti Barong Ider Bumi adalah ritual yang dilakukan oleh masyarakat osing di Desa Kemiren dengan mengelilingi desa atau bumi yang dipijak menggunakan kesenian barong yang digambarkan sebagai mahluk mitologi yang dipercayai melindungi dan memiliki aura positif bagi masayarakat dan alam didesa Kemiren.

Barong Ider Bumi dilaksanakan dengan tujuan menghilangkan hal-hal negatif didesa Kemiren, menyuburkan alam dan mensejahterakan masyarakat khususnya Desa Kemiren. Semoga bumiku lekas membaik, budayaku terus lestari dan semakin maju.

Barong ider bumi dilaksanakan setiap tanggal 2 Syawal / hari ke 2 disaat raya Idhul Fitri, Dalam melaksanakan ritual Barong Ider Bumi rombongan dan pemangku barong harus bersih diri harus bersih batin. Karena tujuan inti dari acara ini tak lain untuk membersihkan hal-hal negatif/ buruk yang ada di desa Kemiren. Diawali ritual ngaturi ( persembahan ) kepada Mbah Buyut Cili yang dipercayai sebagai sosok nenek moyang masyarakat desa Kemiren, dengan datang ke petilasan sebelum pelaksaan ritual barong ider bumi dilaksanakan. Ba’da shalat asar ritual barong ider bumi dimulai, yakni rombongan barong berkeliling desa kemiren dimulai dari timur ( rumah pemilik barong ) sampai ke ujung barat dan kembali lagi ke ujung timur serta diakhiri di rumah pemilik barong untuk melaksanakan selamatan dengan menu pecel pithik.

POKDARWIS KEMIREN_2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *