JUARA 1 PATROL FESTIVAL ISLAMI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2023

JUARA 1
LOMBA PATROL
FESTIVAL ISLAMI
KABUPATEN BANYUWANGI
TAHUN 2023

Musik Patrol adalah kesenian tradisional khas Banyuwangi yang dilaksanakan setiap Bulan Suci Ramadhan. Patrol biasanya dilakukan para pemuda diwaktu menjelang sahur tiba, mereka berkeliling untuk membangunkan warga dari tidurnya agar segera sahur. Musik Patrol ini terdiri beberapa alat musik tradisional seperti angklung, trutuk / klontang, suling dan gong yang semuanya terbua dari bambu. 

Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Festival Islami untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan di tahun 2023 ini. Lomba Patrol dan Kuntulan menjadi kegiatan tahunan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Banyuwangi. Kurang lebih ada 25 Kecamatan yang telah mendaftar perlombaan ini yang dilakukan secara online untuk mengirimkan video penampilan Kuntulan dan Patrol untuk akhirnya di ambi 10 Besar Grup Patrol dan 5 Besar Grup Kuntulan. Berikut adalah Grup Patrol dan Kuntulan yang Lolos ke tahap selanjutnya : 


Patrol Kecamatan Singonjuruh, Patrol Kecamatan Giri, Patrol Kecamatan Cluring, Patrol Kecamatan Songgon, Patrol Kecamatan Glagah, Patrol Kecamatan Blimbingsari, Patrol Kecamatan Muncar, Patrol Kecamatan Rogojampi, Patrol Kecamatan Banyuwangi, dan Patrol Kecamatan Srono.

Kuntulan Kecamatan Singonjuruh, Kuntulan Kecamatan Glagah, Kuntulan Kecamatan Bangorejo, Kuntulan Kecamatan Kalipuro dan Kuntulan Kecamatan Banyuwangi.

Grup yang Lolos ditampilkan secara offline didepan Stadion Diponegoro Banyuwangi pada tanggal 05 April 2023 untuk dilakukan penjurian tahap akhir dalam penentuan Juara I, II, III, Harapan I dan Harapan II. Setelah tampil dengan durasi yang sudah ditentukan masing-masing grup akan berkeliling di jalan kota Banyuwangi sampai ke finish didepan Kantor POS Banyuwangi. 

Kriteria Penilaian sebagai berikut :

– Sajian Teknik Penabuh Patrol

– Teknik Atraksi Penampilan

– Harmonisasi antara Irama Musik, Atraksi dan Gending yang dibawakan

– Kekompakan

– Semangat

– Ketertiban

Mengusung konsep kostum klasik warisan leluhur masyarakat osing, Kecamatan Glagah mampu meraih Juara I dalam ajang perlombaan Patrol tahun 2023 ini. Tampil dengan batik motif Totogan khas Banyuwangi  yang dipadukan dengan Kain Tenun Warisan Masyarakat Blambangan ( Kluwung dan Solok ) terinspirasi dari Pakaian Masyarakat Osing Desa Kemiren diera 50-80an mampu membuat penampilan terlihat lebih elegan.

Berikut adalah daftar Pemenang Lomba Patrol dan Kuntulan :

Patrol Juara I Kecamatan Glagah, Patrol Juara II Kecamatan Singonjuruh, Patrol Juara III Kecamatan Banyuwangi, Patrol Harapan I Kecamatan Cluring, Patrol Harapan II Kecamatan Rogojampi

Kuntulan : Juara I Kecamatan Banyuwangi, Juara II Kecamatan Singonjuruh, Juara III Kecamatan Kalipuro, Juara Harapan I Kecamatan Glagah dan Juara Harapan II Kecamatan Bangorejo

Tahun ini Kecamatan Glagah mampu mendapatkan hasil yang sangat baik. Namun yang tersulit adalah mempertahankan, oleh karena itu pencapaian ini selayaknya dijadikan motivasi untuk meningkatkan potensi-potensi kebudayaan yang dimiliki Wilayah Lereng Ijen Banyuwangi.

Sesuai dengan moto “Semakin dilestarikan Semakin Mensejahterakan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *